Menyulap Ponsel Jadi Remote Control Komputer


Capek harus menekan mouse untuk memainkan file multimedia di komputer? Manfaatkan ponsel Bluetooth Anda sebagai remote control komputer.
Mungkin FMA lebih tepat dibahas sebagai aplikasi pengelola telepon secara umum. Situs FloAt Mobile Agent (FMA) menyebutkan FMA sebagai alat pengelola ponsel yang memungkinkan pengguna untuk menangani semua data pribadi yang tersimpan di dalam telepon mereka, lewat berbagai jenis koneksi.

Namun FMA memiliki kemampuan lain yang tidak dimiliki banyak aplikasi pengelola ponsel lainnya: mengubah ponsel jadi remote control komputer.
Pengembang FMA saat ini hanya menargetkan ponsel merk Sony Ericsson, walaupun ada juga beberapa pengguna yang sudah menguji aplikasi ini dengan merk ponsel lainnya. FMA dapat digunakan dengan ponsel Bluetooth, inframerah, bahkan kabel. Namun untuk dapat berfungsi sebagai remote control yang nyaman, kita hanya akan membahas koneksi Bluetooth. Apa gunanya remote control dengan kabel, kan?
Berbeda dengan banyak aplikasi remote control lainnya, FMA tidak perlu dipasang di ponsel. Ini membuat FMA relatif lebih sederhana dibandingkan pesaing-pesaingnya.

Instalasi

FMA dapat di-download gratis. Anda dapat menemukan link ke halaman download dari situsnya, atau langsung saja arahkan browser ke alamat http://fma.sourceforge.net/index2.htm Di sana dapat ditemukan berbagai file yang dirilis oleh pengembang FMA. File yang harus di-download bernama fma-2.0-stable-setup.exe berukuran 3,65 MB. Setelah selesai download klik file ini untuk memulai instalasi.
FMA menyediakan banyak opsi saat instalasi. Jika Anda pusing pilihan apa saja yang harus diambil, beri tanda centang pada semuanya, alias full install. Installer FMA akan men-download beberapa komponen tambahan, jadi Anda harus terhubung dengan Internet ketika memasang FMA. Anda harus me-restart komputer untuk sepenuhnya menyelesaikan instalasi.

Pilihan instalasi penuh juga men-download kode program yang ditulis dalam bahasa Delphi, varian Pascal yang dikembangkan Borland. FMA memang aplikasi open source. Jadi kalau pengguna punya kemampuan teknis dan pernah belajar Delphi, Anda bisa mengutak-atik kode programnya. Kalau tidak, sebaiknya Anda tidak mengambil pilihan Download Delphi 6 Source Code.

Setelah restart, langkah berikutnya yang harus diambil adalah menghubungkan FMA dengan ponsel menggunakan Bluetooth. Ada dua cara yang bisa dipilih: menggunakan driver dari pembuat peranti (biasanya dongle) Bluetooth atau memakai native driver.
Komputer yang menjalankan Windows XP Service Pack 1 (SP1) bisa memanfaatkan driver Bluetooth yang sudah di-bundling dalam Windows (native). Gunakan cara ini kalau sebelumnya Anda memang sudah menggunakan driver dari Microsoft tersebut. Digit@l tidak menyarankan driver Windows karena setting FMA nantinya akan jadi lebih sulit.
Bila Anda menggunakan Windows 98, ME dan 2000 pilihan satu-satunya adalah koneksi lewat port serial virtual. Cara ini lebih mudah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menyulap Ponsel Jadi Remote Control Komputer"

Post a Comment