Related Posts with Thumbnails

Translate this blog

10 August 2011

Puasa Itu Gampang Kok


Alhamdulillah, bulan suci umat islam sudah tiba untuk anda-anda yang menunaikan ibadah puasa di bulan ramadhan ini. Di bulan puasa ini mungkin anda sering merasakan badan lemes-lemes ? atau anda juga merasakan ingin berolahraga di bulan puasa ini tetapi takut akan cape dan haus dan akhirnya batal dech ? ;-) tampaknya itu merupakan gejala badan menyesuaikan dengan keadaan berpuasa. Nah agar badan lebih fresh dan tidak lemes dan puasanya jadi lancar, mungkin ada baiknya anda menilik dulu yang satu ini ;-)

1. Sahur
Sahur itu ibaratnya modal anda untuk beraktifitas seharian. Kalo anda tidak sahur, berarti anda hanya mengandalkan makanan yang anda konsumsi saat sebelum tidur. Menurut sejumlah referensi yang didapat, makan sahur sewajarnya aja, yang penting asupan gizinya seimbang. Menu sahur sebaiknya makanan yang berserat dan berprotein tinggi tetapi hindari konsumsi makanan yang manis-manis. Makanan berserat membikin proses pencernaan lebih lambat, dan makanan manis lebih cepat sehingga membuat anda lebih cepat lapar di siang hari. Sahur mendekati imsak lebih baik karena membuat energi sahur lebih tahan lama. Selain itu anda juga bisa langsung meneruskan dengan shalat shubuh.

2. Minum yang cukup!
Selama puasa, tubuh anda bakalan lebih rentan terhadap kekurangan makan. Makanya kebutuhan air harus cukup dengan menambah porsi meminum air, sekitar 8 - 10 gelas sehari. Minum air di sini tidak selalu berarti air putih semata, tetapi minum the, susu, jus buah, koktail buah, bahkan kuah sayur juga termasuk dalam jumlah air yang kita konsumsi.

3. Tambah kalori !
Biasanya cewek butuh kalori sekitar 1.900 kalori, sementara pria 2.100 kalori. Kalori sewbanyak ini bisa terpenuhi dari makanan dan minumanyang disantap selama sahur dan buka puasa. Untuk makanan, sebaiknya anda memilih makanan alami karena lebih aman. Misalnya : Karbohidrat diperoleh dari nasi, kentang, mi atau jagung. Protein dari daging, ikan, tempe, tahu, dan lain - lain. Dan sumber vitamin dan mineral ada pada sayuran dan buah - buahan berwarna kuning, hijau tua, dan merah. Dan satu mengingatkan jangan atau jauhi junk food / makanan cepat saji.

4. Jalanin aktifitas seperti biasa
Berpuasa bukan berarti segala aktifitas atau kerja yang kita lakukan di luar bulan ramadhan jadi terhenti. Pada beberapa hari pertama mungkin memang tubuh mengalami penyesuaian dan adaptasi terutama pada orang-orang yang jarang berpuasa atau berolahraga. Aktifitas atau olahraga berat memang dilarang tetapi yang bersifat ringan justru dianjurkan. Olah raga ringan seperti jalan kaki, senam, lari kecil, sangat dianjurkan terutama menjelang berbuka puasa. Kan mungkin bisa dibilang sekalian ngabuburit, gitu……Tarawih juga merupakan aktifitas yang dapat menjaga kebugaran, lho !

5. Jangan terlalu berlebihan !
Saat berbuka puasa, ada kalanya menyiapkan makanan yang begitu banyak, istilahnya balas dendam ;-) tapi makanlah secara bertahap jangan sekaligus. Di mulai dengan makanan rinan ataua minuman yan manis. Kurma mungkin boleh untuk permulaan berbuka puasa, selain berguna untuk menyuplai energi, kurma juga diperkaya kandungan zat gizi seperti kalium, magnesium, niasin, dan serat. Nah, kalau sudah makan yang manis ( tajil ) shalat maghrib dulu ! beres maghriban dan beristirahat sebentar, baru anda makan malam. Terusin dech tarawihan.

6. Jangan Cuma laper dan haus doank !
Inget, puasa ramadhan itu enggak semata-mata menahan rasa lapar dan haus doank. Klise sih memang, tapi kalau anda tidak berpuasa yahhh…..anda tidak akan merasakan manfaat puasa yang sesungguhnya. By the way, Selamat Berpuasa !


1 komentar:

sprei murah said...

Quote your blog info thanks nice and helpful, acid and sala successful blogger.

Post a Comment

rest

Peroleh Profit 50% hingga 300% dari Ebay
 
Blog Bisnis Free Stuff e-bisnis Template Design by Oentoe_09 | Powered by Blogger.com